Obligasi Negara Indonesia Seri FR

Obligasi Negara Indonesia seri FR adalah Surat Utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap. Pemerintah dalam hal ini sebagai penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. (Sesuai UU No.24 Tahun 2002 ttg Surat Utang Negara)

Manfaat

  • Aman
  • Kupon/Imbalan Tetap
  • Mudah & Likuid
  • Potensi Keuntungan
  • Min. Pemesanan Rp 100 Juta (berlaku kelipatan)

FR53, FR56, FR59, FR61, FR62, FR63, FR64, FR65, FR68, FR70, FR71, FR72, FR74, FR75, FR76, FR77, FR78, FR79, FR80, FR81, FR82, FR83, FR84, FR85

Penerbit :  Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia c.q Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Bank Kustodian : CIMB Niaga Kustodian Graha CIMB Niaga Sudirman Lt. 7 Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 58, Jakarta Selatan, 12190 Tel. (021) 250 5151 Ext. 37009 www.cimbniaga.co.id

Periode Pembayaran Kupon : Kupon dibayarkan secara periodik setiap 6 (enam) bulan sampai dengan jatuh tempo.

Harga Obligasi Negara : Dihitung secara harian dengan mekanisme Mark to Market. Informasi indikasi harga dapat diperoleh dari Outlet Prioritas Bank BTN terdekat.

Frekuensi Transaksi : Setiap hari di bursa Jakarta.

Minimum Pemesanan : Rp. 100.000.000.- (seratus juta rupiah) dan berlaku kelipatan

Biaya Pembelian : Bebas

Biaya Penjualan : 0.05% dari nominal pokok pembelian + pajak capital gain 15% (apabila nasabah memperoleh capital gain) + pajak accrue interest 15%

Biaya Administrasi : Rp 6000 per setiap pembayaran kupon

Manfaat Investasi : Investor yang berinvestasi pada produk ini mendapatkan manfaat dengan penerimaan kupon secara regular setiap enam bulan sampai jatuh tempo. Potensi capital gain apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo.

Penempatan investasi dalam produk Obligasi Negara Indonesia Seri FR mengandung risiko – risiko tertentu, termasuk, namun tidak terbatas pada, risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Bagian ini tidak bermaksud untuk menguraikan seluruh risiko produk, baik risiko yang ada pada tanggal peluncuran atau sebagaimana risiko tersebut dapat berubah di kemudian hari. Pada akhirnya, investor sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko lain yang mungkin berlaku baginya dalam berinvestasi. Risiko – risiko utama yang berhubungan dengan berinvestasi dalam produk ini, termasuk :

  • Risiko Pasar Risiko Pasar (market risk)adalah potensi kerugian (capital loss) bagi investor akibat faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja keseluruhan dari pasar keuangan, antara lain perubahan suku bunga, perubahan fundamental ekonomi dan kondisi politik yang tidak stabil.Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila Investor menjual Obligasi Negara FR di Pasar Sekunder sebelum jatuh tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya. Pada saat harga pasar turun, Investor Obligasi Negara FR tetap mendapat kupon setiap 6 bulan sampai jatuh tempo dan tetap menerima pelunasan pokok sebesar 100% (seratus persen) pada saat jatuh tempo.
  • Risiko Wanprestasi (Default) Risiko Wanprestasi adalah risiko dimana investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo kupon dan pokok. Obligasi Negara Indonesia Seri FR tidak mempunyai risiko gagal bayar mengingat berdasarkan Undang- Undang SUN bahwa negara menjamin pembayaran kupon dan pokok Surat Utang Negara.
  • Risiko Likuiditas Risiko Likuiditas adalah risiko apabila investor tidak dapat melikuidasi produk investasi dalam waktu yang cepat pada harga yang wajar. Risiko likuiditas (liquidity risk) dapat terjadi apabila Investor Obligasi Negara FR membutuhkan dana dalam waktu cepat akan tetapi FR tidak dapat dijual pada harga yang wajar.
  • Nasabah membuka rekening tabungan di Bank BTN.
  • Nasabah memiliki SID (Single Investor Identification) yang dapat didaftarkan melalui Outlet Prioritas Bank BTN terdekat.
  • Melampirkan KTP dan NPWP yang masih berlaku.
  • Nasabah mengisi form pembelian yang disediakan.
  • Investasi melalui obligasi mengandung risiko. Calon investor wajib membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada obligasi ini.
  • Dokumen ringkasan produk ini bersifat indikatif dan isinya dapat berubah sesuai dengan kebijakan dan ketentuan penerbit. Apabila terjadi perubahan, maka staf penjual kami akan menginformasikan hal tersebut kepada investor sebagai bahan pertimbangan kembali bagi keputusan berinvestasi di produk obligasi ini.
  • Harga Obligasi dipengaruhi oleh fluktuasi pasar. Investor dapat mengalami kerugian atas nilai pokok investasi.
  • Obligasi yang dibeli pada harga premium, pada saat jatuh tempo akan kembali ke harga par, yang nilainya lebih rendah dari pokok investasi.
  • Obligasi merupakan produk pasar modal dan bukan produk Bank BTN, sehingga tidak dijamin oleh Bank BTN serta tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan simpanan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Risiko – risiko lainnya terdapat di bagian “Paparan Risiko” di atas. Harap dibaca untuk informasi lebih lengkap.