Savings Bond Ritel - SBR007

Savings Bond Ritel (SBR) merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Pemerintah kembali menawarkan SBR kepada masyarakat Indonesia dengan seri SBR007 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Karakteristik Savings Bond Ritel

  • Untuk individu warga Negara Indonesia
  • Minimum investasi mulai dari Rp 1 Juta
  • Fasilitas Early Redemtion
  • Imbalan mengambang dengan imbalan minimal
  • Tenor 2 tahun
  • Dijamin Pemerintah

   Minimal 7,5% p.a.

SBR memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal 7,5% p.a. dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate.

“Mengambang” artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

“Kupon Minimal” artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Registrasi

Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik Internet Banking Bank BTN, dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Bank BTN.

Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR007 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR007.

Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

Konfirmasi

Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR007 pada tanggal setelmen/penerbitan.