Artikel

Ingin Jadi Nasabah Prioritas? Ini Dia Syarat dan Keuntungannya

Ditulis Oleh

BTN Prioritas

Bagikan ke

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana rasanya menjadi nasabah prioritas bank? Banyak bank menawarkan layanan prioritas kepada pelanggan mereka yang memenuhi kriteria.

Nasabah prioritas perbankan diperlakukan lebih istimewa dan diprioritaskan oleh bank. Sesuai dengan namanya, layanan prioritas menawarkan layanan khusus kepada nasabahnya dan tentu saja fasilitas dan layanan yang ditawarkan bank berbeda dari yang dirasakan nasabah biasa. 

Secara umum, sasaran layanan prioritas ini adalah nasabah kalangan menengah ke atas yang dapat menyetorkan saldo tertentu (biasanya dalam jumlah besar) ke dalam rekeningnya. Sebagai trade-off, bank menawarkan lebih banyak tunjangan dan hak istimewa kepada pelanggan pilihan ini.

Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut tentang nasabah prioritas, syaratnya, dan keuntungannya.

Ingin Jadi Nasabah Prioritas? Ini Dia Syarat dan Keuntungannya

Key Takeaway:

  • Layanan nasabah prioritas adalah layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang menginginkan perlakuan prioritas dalam melakukan berbagai keperluan di bank.

  • Untuk menjadi nasabah prioritas, Anda harus memiliki rekam jejak yang baik, penghasilan yang jelas asalnya, portofolio keuangan dengan jumlah yang telah ditentukan, serta dana simpanan dari hasil usaha atau kerja.

  • Dengan menjadi nasabah prioritas, Anda bisa bebas antre, memiliki banker pribadi, memperoleh suku bunga rendah, dan lainnya.

Pengertian Nasabah Prioritas

Layanan nasabah prioritas adalah layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang menginginkan perlakuan prioritas dalam melakukan berbagai keperluan di bank.

Layanan ini menyasar kalangan menengah ke atas. Pasalnya, banyak persyaratan yang harus dipenuhi nasabah untuk menggunakan layanan perbankan ini, salah satunya adalah tabungan yang cukup besar.

Persyaratan dari masing-masing bank, baik swasta maupun milik pemerintah, tentu saja berbeda. Nasabah prioritas biasanya memiliki banyak keuntungan, seperti fitur yang lebih baik, promosi suku bunga yang lebih rendah, dan layanan tanpa antrean.

Syarat Menjadi Nasabah Prioritas

Untuk menjadi nasabah prioritas, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan, dan memiliki uang yang banyak tidaklah cukup. 

Berikut beberapa persyaratan umum untuk menjadi nasabah prioritas.

1. Memiliki Rekam Jejak yang Baik

Sebagai salah satu syarat menjadi nasabah prioritas, seorang calon nasabah prioritas tidak boleh berada dalam daftar hitam (blacklist) bank. Nama calon nasabah prioritas harus bersih dan memiliki track record yang baik. 

Nasabah yang masuk blacklist biasanya disebabkan oleh kredit macet, gagal bayar, tidak kooperatif, dan berbagai kasus lainnya. Dalam hal ini, kredibilitas calon pelanggan sangatlah penting.

Jika pelanggan pernah masuk daftar hitam dan tidak lulus pengecekan di BI, mereka tidak bisa menjadi nasabah prioritas.

Jadi, pastikan nama Anda tidak masuk daftar hitam dengan membayar kredit Anda dengan disiplin dan mempertahankan skor kredit yang baik.

2. Memiliki Sumber Pendapatan yang Jelas

Syarat menjadi nasabah prioritas selanjutnya adalah bank akan memverifikasi identitas dan sumber penghasilan Anda sebagai sarana untuk membuktikan integritas pribadi Anda.

Evaluasi Know Your Customer (KYC) dilakukan saat Anda mendaftar sebagai nasabah prioritas. Tujuan KYC adalah untuk mencegah pencucian uang oleh nasabah dan penipuan internal oleh karyawan bank. 

Oleh karena itu, pihak bank melakukan pengecekan profil nasabah secara holistik dan memantau seluruh transaksi yang dilakukan oleh nasabah.

3. Memiliki Portofolio Keuangan dengan Jumlah yang Ditentukan Sebelumnya 

Nasabah prioritas biasanya diharuskan memiliki portofolio keuangan dengan nominal minimum tertentu yang ditentukan oleh bank pilihannya. 

Portofolio ini bisa berupa produk tabungan, investasi, asuransi bank, dan lainnya. Bahkan jumlahnya bisa berbeda-beda antara satu bank dengan bank lainnya. Namun dari hasil penelusuran, rata-rata saldo minimalnya sekitar Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

4. Memiliki Dana Simpanan dari Usaha/Kerja

Calon nasabah prioritas bukanlah nasabah yang datang untuk meminjam dana.

Nasabah prioritas harus memiliki simpanan minimum yang didapatkan dari usaha atau hasil kerjanya, bukan dari pinjaman bank. Oleh karena itu, permintaan untuk menjadi nasabah prioritas tidak dapat diproses jika aset yang dititipkan merupakan hasil pinjaman.

Keuntungan Menjadi Nasabah Prioritas

Keuntungan Menjadi Nasabah Prioritas

 

Seperti namanya, nasabah prioritas memiliki prioritas tertentu dengan menempatkan mereka di depan pelanggan lain. Selain itu, masih banyak keuntungan menjadi nasabah prioritas. 

Nasabah prioritas umumnya diberikan keuntungan khusus pada saat bertransaksi, memperoleh banyak diskon, bantuan dari penasihat keuangan, dan hadiah khusus pada hari-hari penting.

Menjadi nasabah prioritas tentunya mempunyai keuntungan tersendiri. Tidak semua orang bisa menjadi nasabah prioritas mengingat adanya persyaratan yang ditentukan. Apa keuntungan menjadi nasabah prioritas? Berikut penjelasannya.

1. Nasabah Prioritas Memiliki Layanan Perbankan Khusus

Ketika melakukan transaksi langsung dengan bank, Anda dapat menggunakan jalur khusus sehingga bisa menghindari antrean.

Bank mempunyai jalur khusus untuk nasabah prioritas saja dan tidak tersedia untuk nasabah lain. Jadi, meskipun nasabah biasa harus mengantre di bank, nasabah prioritas diberikan layanan perbankan khusus. Bahkan, transaksinya sering dilakukan di ruangan khusus dengan minuman dan makanan ringan.

2. Memperoleh Potongan Suku Bunga

Keuntungan lain menjadi nasabah prioritas adalah tersedianya promo suku bunga. Ini adalah keuntungan paling menarik dari pelayanan eksklusif ini. Nasabah prioritas bank akan dapat memanfaatkan berbagai pinjaman seperti KPR, KPR, KTA, dan lainnya dengan bunga rendah.

Mengajukan pinjaman bank juga melalui proses yang lebih mudah dan cepat, dan tentu saja bunganya lebih rendah.

3. Nasabah Prioritas Memiliki Akses Mudah ke Layanan Perjalanan

Nasabah prioritas akan mempunyai akses ke executive lounge bandara dan layanan bagasi. Anda juga bisa memperoleh diskon di banyak restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan hanya dengan menunjukkan kartu nasabah prioritas Anda.

Tidak hanya itu, menjadi nasabah prioritas memberikan banyak promosi kartu kredit yang menarik. 

4. Kemudahan Konsultasi dengan Banker Pribadi

Nasabah prioritas dapat dengan mudah berkonsultasi dengan banker pribadi mereka tentang berbagai hal termasuk rencana investasi, memulai bisnis, mengelola dana pensiun, dan lainnya. Jadi, Anda tidak perlu menyewa asisten keuangan pribadi karena masalah keuangan Anda sudah ditangani oleh banker pribadi.

5. Hadiah

Nasabah prioritas umumnya dapat menerima hadiah ulang tahun khusus di hari istimewa mereka. Selain ucapan selamat layaknya nasabah biasa, nasabah prioritas juga memperoleh hadiah sebagai bukti peran penting mereka bagi bank.

Baca juga: Wealth Management adalah: Solusi Pengelolaan Keuangan Anda

Dapatkan Layanan Prima dengan Menjadi Nasabah Prioritas BTN

Bank BTN hadir untuk memberikan solusi finansial dan layanan yang relevan, berkesinambungan, dan berkepanjangan untuk setiap nasabah setianya.

Dengan menjadi nasabah prioritas BTN, Anda bisa memperoleh:

  • Solusi produk dana, investasi, dan proteksi yang bervariasi

  • Benefit, privilege dan program spesial seperti layanan priority service dan loyalty program

  • Program spesial lainnya, seperti:

  1. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

  2. Mobile Banking

  3. Safe Deposit Box (SDB)

  4. Bebas biaya transfer

Semua benefit & privilege yang diberikan untuk Nasabah BTN Prioritas ditentukan oleh level membership masing-masing nasabah yang dihitung berdasarkan total dana kelolaan nasabah di BTN. 

Layanan yang eksklusif dan luar biasa akan membuat semua orang tertarik dan ingin menerima layanan eksklusif dari bank ternama. 

Fasilitas yang menarik memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai aktivitas, tidak terbatas pada aktivitas finansial. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi nasabah prioritas Bank BTN, pastikan Anda telah memenuhi syarat berikut ini.

  • Mempunyai total portofolio dengan saldo minimal Rp500 juta. Total portfolio merupakan total dana kelolaan nasabah baik pada produk banking yaitu di tabungan dan/atau deposito serta pada produk non-banking yaitu reksa dana, SBN dan/atau bancassurance

  • Mengisi dan merusak Indemnity Letter (IL)

  • Memiliki Tabungan Bank BTN

Selain itu, BTN Prioritas menghadirkan layanan PLUS (Platform Loyalty User). PLUS adalah sebuah layanan berbasis web – mobile friendly dengan konsep membership yang dihadirkan khusus untuk Anda Nasabah BTN Prioritas. 

Keberadaan PLUS merupakan upaya untuk menerjemahkan customer value proposition Defining Your Priority sehingga dapat dengan nyata dinikmati manfaatnya oleh Anda. 

PLUS dapat diakses melalui www.definingyourpriority.com. Apabila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan prioritas BTN, Anda dapat menghubungi BTN Call di 1500 286 atau mendaftar di sini.

Artikel Lainnya